Soal Jawab Latihan

Welcome! Kali ini, dalam postingan saya kesekian kalinya saya akan membahas Tugas Latihan Pengantar Teknologi Informasi materi Sistem Basis Data.
hope you enjoy!

Latihan

1. Apa perbedaan basis data dan sistem basis data?
jawab :
Basis Data sendiri dapat diartikan sebagai berikut: 
-Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah.
-Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu.
-Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronis.
“Yang sangat ditonjolkan dalam Basis Data adalah pengaturan, pemilahan, pengelompokkan dan pengorganisasian data sesuai fungsi/jenisnya. Semua ini dapat berbentuk sejumlah tabel terpisah atau dalam bentuk pendefinisian kolom (field) data dalam setiap tabel.” (Fathansyah.Basis Data.2012)
sedangkan Sistem Basis Data ialah :
Sistem Basis Data merupakan sistem yang terdiri atas kumpulan tabel data yang saling berhubungan (dalam sebuah basis data di sebuah sistem komputer) dan sekumpulan program (yang biasa disebut DBMS/Data Base Management System ) yang memungkinkan beberapa pemakai atau program lain untuk mengakses dan memanipulasi tabel-tabel data tersebut.( Basis Data,Fathansyah,2012)

2. Sebutkan elemen-elemen yang menyusun Sistem Basis Data!
Jawab :
-Elemen Basis Data
-Entitas 
-Atribut
-Data Value (Nilai Data) 
-File/Tabel 
-Record/Tuple 

3.  Jelaskan bagaimana pengguna awam memandang data dalam sistem basis data!
Jawab :
Saya sendiri termasuk pengguna awam dalam mempelajari hal sistem basis data. Yang saya ketahui data dalam sistem basis data adalah suatu bentuk informasi yang mana data itu merangkum entitas dan relationship dalam sistem basis data. Artinya data ini berdiri sendiri namun karena tergabung dalam basis data (kumpulan data-data) kemudian memiliki tujuan tersendiri maka data ini adalah bagian yang bersangkutan dengan tempat dimana ia disimpan. Contohnya : ketika kita menyimpan file tentang liburan pasti file tersebut akan kita simpan di tempat kumpulan data-data yang bersifat hiburan. Kita tidak akan mungkin mencampur file liburan degan file kerja. Tujuannya adalah agar memudahkan kita menemukan data tersebut bila suatu saat kita cari lagi.

4. Jelaskan kegunaan dari level konseptual dalam arsitektur sistem basis data!
Jawab : 
Arsitektur sistem basis  data ialah kerangka kerja pembangunan basis data.
  Level konseptual merupakan skema konseptual yang memuat deskripsi struktur basis data secara keseluruhan untuk semua pemakai. Kegunaannya adalah untuk deskripsi tentang entiti, atribut, hubungan, dan konstrain tanpa memuat deskripsi data secara detail. Model data tingkat tinggi atau model data implementasi dapat digunakan dalam skema ini. 5. Jelaskan perbedaan model data berbasis obyek dan model data berbasis record!
Jawab :
Model Data Berbasis Record dan Obyek
Model data berbasis record adalah model data untuk menjelaskan kepada user tentang hubungan logic antar data dalam basis data. 
Sedangkan model data berbasis obyek (Object Based Data Model) adalah model data yang digunakan untuk menguraikan struktur logika keseluruhan dari suatu database,  juga digunakan untuk menguraikan implementasi dari sistem data base (higher level description of implementation).
3 Jenis Model Data Berbasis Record, yaitu :
-Model Relationonal
Dimana data serta hubungan antar data dipresentasikan oleh sejumlah tabel dan masing-masing tabel terdiri dari beberapa kolom yang namanya unique.
- Model Hierarki
Dimana data serta hubungan antar data dipresentasikan dengan record dan link(pointer), record- record tsb disusun dalam bentuk tree (pohon), dan masing-masing node pada tree tsb merupakan record/grup data elemen yang memiliki cardinalitas 1:1 dan 1:M.


- Model Jaringan 
Model ini mirp dengan hierarki model namun perbedaan terletak pada susunan record dan linknya yaitu network model menyusun record-record dalam bentuk graph dan menyatakan hubungan cardinalitas 1:1, 1:M, dan N:M

Model Data Berbasis Obyek 
1. Entity Relationship Model
Model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan suatu persepsi bahwa real word terdiri dari objek-objek dasar yang mempunyai hubungan atau relasi antara objek-objek tsb.
Contoh :

Contoh kasus ER Model

2.  Binary Model
Pemetaan dengan menggunakan 0 dan 1, atau true dan false dengan kondisi tertentu atau hanya dalam alternatif.
3. Semantic Model
Adalah salah satu jenisnya dimana antar objek dasar tidak dinyatakan dengan simboltetapi dengan kata-kata (Semantic).
Contoh :

6. Diberikan ilustrasi kasus sbb:
Sebuah perusahaan retailer memiliki domain usaha jual beli barang. Barang-barang yang diperjualbelikan dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu : busana dan bahan makanan. Setiap pelanggan dimungkinkan untuk melakukan pembelian beberapa barang, dan setiap barang mungkin dibeli oleh beberapa pelanggan. Tetapi setiap barang hanya dibeli dari seorang distributor. Meskipun seorang distributor dimungkinkan untuk menjual berapa jenis barang sekaligus, gambarkan kasus tsb dengan :
- model relasional
- model hierarki
- model network

Jawab :
   Model Relational
Kode Barang
Nama Barang
Sumber (Distributor)
001
Busana
Distributor 1
002a
Bahan Makanan 1
Distributor 2
002b
Bahan Makanan 2
Distributor 2

Kode Barang
Nama Barang
Pembeli
001
Busana
Adi


Mawar
002a
Bahan Makanan 1
Mawar


Budi
002b
Bahan Makanan 2
Cindy


Model Hirarki
Model Network


Demikian yang bisa saya jabarkan pada Latihan Pengantar Teknologi Informasi kali ini, bila ada salah pengertian mohon maaf.
Salam Sejahtera Terimakasih.
Gbu

Komentar

Postingan Populer