Uang Elektronik?



Hi Guys!

I'm back!

Setelah sekian lama menghilang ditelan bumi akhirnya saya balik lagi! Faktor lainnya i'm not here because my inconsistency heheh :p.

right, cukup. kali ini kita bakal bahas apa guys?
kita akan membahas tentang kartu elektronik atau biasa tuh disebut uang elektronik.
Nah, uang elektronik ini ada apa aja sih(provider)?
Uang elektronik ini ada produknya dari Tapcash dari BNI, terus ada E-money dari Mandiri, Flazz dari BCA dan terakhir Brizzi dari BRI.
Gw sendiri adalah pengguna uang elektronik karena biasa bertransportasi dari satu tempat ke tempat lainnya alias berkendara dengan Tranjakarta dan Commuter Line. Nanti kalo LRT dan MRT udh selesai, pasti bakal support banget dengan layanan ini.
Jadi kita ga bakal ribet dengan bayar tiket masuk kalo mau naik.

Nah, untuk isi ulang nya sendiri sih sesuai pengalaman gw, bisa lewat ATM masing-masing sesuai dengan jenis kartu kita ya. Contoh, kaya gw kan pakenya Tapcash BNI yah account bank gw BNI, gitu lhoo. Kalo misalnya kartu uang elektronik kalian(e-money) kalian beda dari account bank yang kalian pake, sebenarnya fine2 aja sih. Cuma kendalanya ialah, entar kalo kalian mau isi ulang bisa jadi rempong alis ribet. Karena harus isi ulang di halte busway misalnya. Itu tuh masih kena charge sekitar Rp 2.000 yah belum lagi kendala yang suka ga nanggung banget kalo network atau sinyal lagi offline, orang kadang suka kelabakan buat isi ulang dan masuk padahal misalnya udh urgent nih alias buru-buru. It's all up to you guys.

Sedangkan kalo kita isi ulang lewat ATM kita, kita ga bakal kena charge lagi ya :) :).

Untuk mempermudah kalian, ini gw kasih contoh desain e-money.
1. Mandiri - e-money

Hasil gambar untuk e-money mandiri
Mandiri e-money

2. BNI - Tapcash
Hasil gambar untuk tapcash bni
BNI-Tapcash
3. BCA - Flazz
Hasil gambar untuk flazz bca
BCA Flazz
4. BRI - Brizzi
Hasil gambar untuk brizzi bri
BRI Brizzi

Nah dari gambar2 diatas sumber nya cuma dari Google searching doang kok. Dan untuk desainnya sendiri gak terbatas kaya yang diatas aja. Soalnya mereka ini (Bank) suka untuk meng-upgrade desain produk mereka. Wajar ya, supaya kita ga bosen gitu.

Dan untuk pembelian kartu baru sendiri harganya adalah Rp 40.000 dengan saldo dalam kartu sebesar Rp 20.000 . 

Terus apalagi nextnya?

Well, kalian bisa menggunakan dimana aja e-money diatas selain yg gw bilang untuk pembayaran moda transportasi Transjakarta dan Commuter Line? Bisa di pakai di Parkir Bandara Soekarno-Hatta, wahana-wahana tertentu di Taman Mini Indonesia Indah, dan masih banyak lagi.

Untuk lengkapnya, ini linknya  http://www.bni.co.id/id-id/ebanking/tapcash

Intinya sama aja, produk-produk itu kurang lebih tempat pemakaiannya sama aja.
Paling beda sedikit, bisa di googling sendiri kalo dari tautan yang gw kasih kurang jelas :)

Last,

Untuk masalah yang pernah gw hadapi sejauh ini selama menggunakan e-money?  Udah hampir satu tahun pake Tapcash BNI  dan masalahnya jeng jeng...
akan gw bahas di post selanjutnya ye heheh. Semoga gw rise lagi yak wkwkw. 

Ok, sekian dari gw guys, makasih byk udah mampir di post-an ini, yg punya saran utk pembahasan apa di post-post selanjutnya atau untuk pengembangan blog bisa langsung coment aja atau bisa lewat e-mail ke marisa.damanik@gmail.com. Dengan senang hati, akan gw ilhami satu-satu. 

See you on my next post readers yang baik nan wicaksana :)

Bye..


Komentar

Postingan Populer